Monday 26 December 2011

Posted by Unknown in | 16:53 No comments
Ini dia ni ilmu terpenting yang ane dapetin selama Kerja Praktek..
Ayo berbagi ilmu,.!!(prinsip hidupku)

Terlebih dahulu, mbak n bro harus tw dlu apa itu HSRP.
Ini bukan protokol yang panas alias "HOT" lhooo . . kiding :D

HSRP adalah sebuah protocol redudancy standar cisco yang menetapkan sebuah router yang secara otomatis mengambil alih jika router yang lain gagal. Di dalam HSRP mendefinisikan dua status router yang router aktif dan router standby. Router standby digunakan sebagai redundancy dari router aktif jika router aktif gagal merouting.
(HSRP) adalah salah satu fitur perangkat lunak tersebut yang dapat dikonfigurasi untuk menyediakan Layer 3 redundansi untuk network host.Dua router interface bekerja sama untuk menyajikan 1 virtual router atau default gateway untuk host di LAN, jadi ketika salah satu router down yang di konfigurasi HSRP link pada jaringan tersebut akan tetap berjalan, di karenakan ip gateway yang di kenal host adalah virtual router.

Udah paham belum ni????
ok, coba lihat gmbar berikut :


Pada gambar diatas terdapat 2 buah multilayer switch(sebagai router), yaitu multilayer switch 1(R1) dan multilayer switch2 (R2).
Nah , konsep HSRP pada gambar tersebut seperti ini :
- Jika R1 kita setting sebagai Router aktif dengan cara memberikan Priority tertinggi di banding R2, maka R2 adalah router dengan status standby.
- Jika R1 mengalami kegagalan routing, maka R2 akan menggantikan status R1 tadi. Dalam arti kata, R2 yang tadinya standby, akan menjadi aktif
- Jika R1 telah kembali normal dan dapat bekerja lagi, maka R2 akan kembali menjadi Router standby, karena mempunyai priority yang lebih rendah . .

Gimana mbak n bro??udah pada paham belum??Jika belum, silahkan dikomentari . :)
Sekian dulu ya, semoga bermanfaat.



0 comments:

Post a Comment